.

 

Selamat Datang di Kongres Teknologi Nasional 2017

 

Negara-negara di dunia menaruh perhatian yang besar pada strategi untuk mempercepat pertumbuhan ekonominya, terutama dalam menghadapi persaingan global seperti ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Setiap tahun, masing-masing negara menyusun statistik untuk menghitung pertumbuhan ekonominya dan membuat perbaikan bila strategi yang telah ditempuh belum memuaskan.

Masih lemahnya peran dan eksistensi inovasi teknologi dalam mendukung perkembangan industri nasional, pada hakikatnya tidak terlepas dari permasalahan Sistem Regulasi Teknologi Nasional dan hubungan kemitraan dengan industri terkait. Permasalahan lain yaitu Sistem Penelitian, Pengembangan dan Penerapan IPTEK Dalam Bingkai Ekonomi Berlandaskan IPTEK (Knowledge Based Economy) belum terimplementasi dengan baik dalam sektor indutri. Demikian halnya penerapan dan penguasaan teknologi dalam mengatasi rendahnya daya saing produk masih terbatas.  Permasalahan ini perlu dicarikan solusinya, untuk itu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki peran sebagai lembaga intermediasi, Technology Clearing House, Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Audit Teknologi dan Solusi Teknologi akan menyelenggarakan Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017 pada tanggal 17-19 Juli 2017, dengan Tema  “Inovasi Teknologi Untuk Daya Saing dan Kemandirian Bangsa”.  Kongres Teknologi Nasional (KTN) ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) BPPT dan rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Kemenristekdikti.

Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi, dan dalam rangka mendukung akselerasi implementasi program prioritas pembangunan pemerintah, topik KTN 2017 ini difokuskan pada Bidang Teknologi Kesehatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi,  dan Teknologi Transportasi. KTN akan  menghadirkan narasumber dari dalam dan luar negeri seperti para menteri terkait, pejabat pemerintah, industriawan, para pakar dan praktisi serta  stakeholder lainnya. 

Tujuan dari diselenggarakannya KTN 2017 ini adalah untuk memberikan Rekomendasi Teknologi yang diperlukan untuk memperkuat peran dan eksistensi teknologi dalam mendukung pengembangan industri nasional, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, sesuai dengan program pemerintah yang tertuang dalam Program Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahap III 2015 -2019.

Pada kesempatan ini, BPPT mengajak berbagai pihak untuk dapat berpartisipasi dalam KTN Tahun 2017.  SELAMAT BERKONGRES.

 

Jakarta, 2017

Salam Teknologi,
Kepala BPPT,

 
 
Dr. Ir. Unggul Priyanto, M.Sc